Jumat, 10 Agustus 2012

Pengendali Mimpi

       Aku ini salah satu dari sekian banyak orang yang sering bermimpi dan mengingatnya. Bahkan jika ada banyak mimpi dalam semalam aku terkadang bisa fasih menceritakannya. Namun, apa itu mimpi?
     Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep). 
       Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut. Dan aku termasuk salah satu dari lucid dreamer itu.
      Seperti contoh tadi pagi, aku bermimpi bepergian ke negeri Arab bersama keluarga. Saat membeli oleh" aku ditinggalkan. Hanya tinggal sendiri dan akhirnya aku pulang dengan jalan kaki. Ya, aku berjalan menuju rumah. Aku sedih dan kesepian sambil menunggu mereka pulang dan akhirnya aku sadar mana mungkin aku dari suatu pasar di negeri Arab (menurutku) pulang dengan jalan kaki sampai di rumah?? Dan akhirnya aku sadar bahwa aku mimpi. Aku sadar aku sudah tidur sehabis Shalat Subuh dan aku sadar aku sedang puasa. Dan aku bisa bebas berbuat apapun di dalam mimpi. Tapi sayang, mengendalikan mimpi itu sangatlah susah. Aku cuma sebatas mengganti lokasi mempersiapkan orang2, namun ada saja halangan untuk berbuat yang tidak senonoh. :)
       Juga saat aku mendapat mimpi buruk dan sadar bahwa itu mimpi, aku kesulitan untuk membangunkan diri. Kemungkinan terbesar hanya berganti mimpi. Dan pernahkan kamu bermimpi dalam mimpi? Ini terjadi beberapa kali. Aku sadar bermimpi buruk dan aku berusaha bangun. Berat rasanya membuka mata ini. Setelah akhirnya aku terbangun aku kaget jam sudah menunjukkan pukul 7. Aku akan telat bekerja. Lalu aku buru-buru beranjak untuk mandi, kemudian terasa aneh karena suasana dalam rumah beda dan aku berfikir ini bukan rumahku. Lalu aku sadar aku masih terjebak dalam mimpi. Akhirnya dengan perjuangan yang jauh lebih berat, aku berusaha bangun. Dan aku terbangun mendapati hari itu adalah hari sabtu, dan aku libur. Bagaimana dengan mimpimu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar